unboxing mesin penggiling padi mini

Tidak menyangka mesin sekecil ini mampu menggiling beras dengan cukup baik dan bersih. Dipasaran sementara ini hanya beredar tipe besar dimana terpisah antara pecah kulit dan polishing nya. Mesin ini tidak. Dengan sekali masuk sudah keluar hasil yang bersih.
Bagaimana mekanismenya?
Berbeda dengan mesin terpisah , yang menggunakan roda karet. Mesin ini menggunakan roll dari besi cor yang bergesekan dengan saringan. (Semua tersedia lengkap di assokateknik.com). Gesekan tersebut membuat gabah langsung terkelupas, dan jatuh kebawah. Sementara beras meluncur kedepan diterus kan oleh roll ke keluaran depan. Demikian sudah langsung didapat beras bersih. Kemana lari bekatul dan dedaknya?
Di mesin polishing biasanya didapat hasil sampingan berupa dedak dan bekatul yang bisa dijual sebagai pakan ayam (bahkan manusia pun makan bekatul karena bermanfaat untuk kesehatan). Di mesin ini dedak , bekatul, dan kulit gabah keluar di keluaran yang satu sehingga tidak terpisah. Inilah yang menjadi kekurangan mesin ini. Selain tentu saja keunggulannya mini, penggerak mini juga , mesin bensin, dan tentu saja murah.
Tidak menyurutkan langkah petani kecil untuk mencobanya. Karena enggan menunggu saudagar, lebih baik jual beras langsung.

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s