Metoda tanam Padi Legowo

satu lagi metoda tanam padi yang bisa di aplikasikan untuk meningkatkan produksi lahan sawah.
  namanya metoda tanam padi legowo. legowo ini berasal dari bahasa “lego” yang berarti “lapang, luas” dan “dowo” yang berarti “panjang”. Jadi Legowo berarti lapang dan panjang. Kita patut berbangga karena metoda tanam ini ditemukan di Indonesia , bida menjadi ciri khas Indonesia. Sesuai dengan namanya metoda Legowo ini memberi celah yang lebvih luas di antara tanaman padi. sekitar 40 cm. dengan jarak yang lebih lapang, dari umumnya 20 cm per rumpun padi, maka sirkulasi udara akan lebih baik, dan tanaman padi mendapat sinar matahari lebih banyak. Dengan demikian hama padi yang menyukai kelembapan akan berkurang.
  Penyiangan gulma
Dengan menggunakan metoda legowo, penyiangan gulma padi akan lebih mudah karena jarak yang cukup lapang antar rumpun padi memudahkan peralatan penyiang gulma padi semacam “odrok” untuk berjalan di sela sela padi.
Macam macam ukuran odrok
Jarak tanam padi 40 cm memang memudahkan odrok bergerak di sela sela padi. Namun bukan berarti metoda tanam padi konvensional tidak dapat menggunakannya. Karena tersedia beberapa macam ukuran odrok tergantung kebutuhannya. Tersedia ukuran 15 cm untuk jarak tanam 20 cm. Ukuran 20 cm untuk jarak tanam 25 cm. Dan ukuran 25 cm untuk jarak tanam 30 cm keatas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s