dores mini

  apa itu dores mini
  apa itu dores? dores adalah mesin perontok padi. dikenal juga dengan dengan nama power tresher. penyebutan power tresher biasanya di gunakan oleh dinas pertanian, badan badan pelatihan.
  namun kata dores sudah terlanjur melekat sebagai nama umum di Bali khususnya. saya juga tidak tahu darimana kata ini berasal. (mungkin ada yang tahu? )
  Jadi dores mini adalah mesin perontok padi yang berukuran lebih kecil dari biasanya. kalau ukuran dores yang biasa katakanlah 80 cm x 80 x 60 (ukuran box saja) maka dores mini berukuran 60 x 60 x 40 cm . jadi lebih kecil lagi 20 cm dari segi panjang , lebar dan tingginya.
  Dores mini cukup digerakkan oleh mesin bensin (gasoline engine ) 6 pk
  dores mini dan aneka kelebihannya
1 ringan , dores mini menggunakan mesin bensin 6pk saja sehingga dari segi berat mesin penggerak sudah jelas lebih ringan dibandingkan dengan menggunakan mesin diesel 7 atau 8 pk seperti pada dores besar.
Disamping itu karena volume nya lebih kecil, dari segi materialnya yanglebih sedikit maka jelas beratnya juga terkurangi. Karena ringan maka mudah diangkat angkat / digotong
2 hasil tetap bersih
Walapun mini, hasil nya tetap bersih. Pertama dari segi gabah. Hampir tidak ada gabah yang tertinggal pada jerami. alias sama bersihnya dengan dores besar. Demikian juga dengan gabah yang dihasilkan , yang turun melalui bawah. Tetap bersih, karena kipas yang meniup cukup besar , sama besar dengan kipas dores biasa, namun jarak hembusannya sampai mengenai gabah lebih pendek , sehingga terasa hembusan yang lebih kuat.
3 cocok untuk lahan terasering yang berpetak petak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s