mesin las inverter

  mesin las busur /electrode paling umum digunakan oleh bengkel las, karena penggunaannya yang sangat luas. untuk mengelas satu potongan besi dengan besi yang lain. potongan besi ini harus cukup tebal minimal 1mm karena kalau lebih tipis akan menimbulkan lubang pada besi. untuk bahan yang tupis misalnya saja plate 1mm ke bawah digunakan las acetylin.
  dulu dulu, ketika belum muncul mesin las inverter pekerjaan mengelas memerlukan daya listrik yang besar. sehingga untuk mengelas seringkali harus menggunakan bantuan genset. sekarang tidak lagi, dengan menggunakan listrik rumahan saja pekerjaan mengelas bisa dilakukan. Berdasarkan pengalaman pribadi mesin las inverter paling kecil memerlukan daya listrik rumahan minimal 3500 watt untuk dapat bekerja maksimal. (walaupun banyak merk mesin las yang mengklaim dapat bekerja di tegangan 900 watt kenyataan tidak demikian. ketika digunakan mengelas agak lama , mcb pln mental /mati/ jegleg).
  Mesin las inverter menggunakan rangkaian berupa komponen elektronika , ya mirip mirip tape lah. ada transformatornya, IC, gulungan atau semacamnya. yang berfungsi menghasilkan tegangan 24 volt dengan arus tinggi sehingga bisa menimbulkan efek pengelasan pada elektroda/busur.
    

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s