Sistem olah kering untuk sawah mungkinkah?

Umumnya lahan sawah di olah saat basah. Ketika air sudah masuk ke lahan sawah, dilakukan pengolahan dengan menggunakan singkal dan traktor. Singkal berfungsi untuk membalik tanah, sehingga tanah lapisan bawah terbalik ke atas sehingga terjemur sinar matahari. Dan tanah lapisan atas, yang yang mengandung hara dan terdapat sisa sisa jerami terbalik dan berada dibawah sehingga terurai dan mengalami pembusukan. Sehingga perlu jeda sekitar dua minggu sampai unsur hara jerami dan zat zat lainnya terurai dalam tanah.
Sistem olah seperti ini telah menjadi kebiasaan dan menjadi aturan baku yang sulit diubah. Walaupun terdapat kendala di lapangan, yaitu ketersediaan air. Tanpa ketersediaan air yang cukup tidak dapat dilakukan pengolahan lahan. Petani lebih baik menunggu sampai air masuk kelahannya baru melakukan pengolahan. Itu ini akan memundurkan jadwal tanam dan jadwal panen. Kalau terjadi agak lama maka lahan yang seharusnya dapat ditanami tiga kali setahun hanya dapat ditanami dua kali setahun.
Sistem olah kering mungkinkah?
Oleh karena itu ada pemikiran untuk melakukan pengolahan sistem olah kering. Jadi pada saat belum masuk air kelahan sudah dilakukan pengolahan. Pengolahan di lakukan dengan menggunakan traktor mini (uji coba kami) yang menggunakan pisau hexagonal blade untuk tanah keras ulet. Dengan menggunakan hexagonal blade maka lahan akan menjadi gembur. Dan , ketika air masuk ke lahan sudah siap dilakukan penanaman.
image

Penggemburan dengan hexagonal blade.
image

Penyingkalan
Tanah yang sudah gembur disingkal sekali lagi dengan singkal satu sisi. Fungsinya untuk mengeruk tanah lapisan bawah yang tidak dapat dijangkau oleh hexagonal blade. Disamping itu untuk lebih menyempurnakan pengeringan.
image

Tanah di sebelah kanah adalah hasil olah hexagonal blade belum disingkal, disebelah kiri operator adalah tanah yang sudah dirotary dan disingkal. Terlihat tanah yang sudah disingkal lebih hitam karena tanah lapisan bawah sudah terbalik keatas.

Urun rembuk dan sumbang saran mengenai teknik ini silakan di sampaikan melalui akun facebook kami Youtube : assokateknik
Www.facebook.com/assokawijaya
Like facebook page kami
Www.facebook.com/awengine
Www.facebook.com/traktorkebunku

Video pengolahan tanah kering bisa dilihat di link berikut :
Pengemburan dengan hexagonal blade

Penyingkalan dengan singkal satu sisi dan roda besi lahan kering

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s